Sejarah

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare (FAI UM Parepare) merupakan salah satu fakultas di Universitas Muhammadiyah Parepare (UM Parepare) yang secara resmi berdiri pada tanggal 21 Juni 2002. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: Dj.II/148/2002, Fakultas Agama Islam telah diizinkan menyelenggarakan pendidikan dengan jenjang Program Sarjana.

Pada fase ini Fakultas Agama Islam yang semula memiliki 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Disusul Program Studi Perbankan Syariah dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui SK Nomor: 1891 Tahun 2012. Program Studi ini menjadi terfavorit dengan adanya terobosan yang dilakukan yaitu peningkatan kualitas dosen, menyediakan laboratorium bank mini dan komputer, dan menjalin kerjasama dengan sejumlah bank yang ada di Sulawesi Selatan khususnya di daerah Kota Parepare, setelah Program Studi Perbankan Syariah, kemudian disusul pembukaan Program Studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam SK Nomor: 466 Tahun 2013.

Fakultas Agama Islam telah menyediakan sistem informasi berbasis IT, dengan akses jaringan internet yang cepat dan dapat dimanfaatkan oleh setiap mahasiswa. Layanan akademik yang diberikan kepada mahasiswa berupa konsultasi, kuliah, PPL/magang, KKN, penelitian dan Lain-lain.

Fakultas Agama Islam telah bekerjasama dengan beberapa pihak instansi/pemerintah dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Kini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare menjadi unggulan dalam bidang akademik dan intelektual yang mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.