Sejarah

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare merupakan salah satu fakultas dalam lingkup Universitas Muhammadiyah Parepare yang berdiri pada tanggal 09 Agustus 2004. Dengan demikian kegiatan operasional kegiatannya dimulai pada Tahun Akademik 2004/2005 dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan DIKTI No. 3062/D/T/2004 tentang Pendirian Program Studi Kesehatan Masyarakat. Dalam upaya mempertahankan kesinambungan dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, maka Fakultas Ilmu Kesehatan yang membawahi satu Program Studi yakni Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang membina beberapa konsentrasi terus berbenah diri sesuai dengan perkembangan dengan tujuan agar kepercayaan masyarakat dapat diwujudkan melalui

Legalitas izin operasional Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat tertuang dalam Surat Keputusan DIKTI Nomor No.2360/D/T/200 Tanggal 09 Agustus 2004 tentang pendirian Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Parepare dan mendapatkan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi berdasarkan Surat Keputusan Perpanjangan Izin  Penyelenggaraan Program Studi No.274/D/T/2004, Tanggal 12 Pebruari 2007. Dan Program Studi Kesehatan Masyarakat terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan ditandai dengan keluarnya SK BAN Nomor. 027/BAN-PT/Ak-XII/SI/IX/2009 Tertanggal 11 September 2009.

Struktur Organisasi Kepemimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat pada Awal Pendirian (Tahun 2004-2005), sebagai berikut :

Plt. Dekan                : Prof. Dr. H. Muhammad Siri Dangnga, MS.

Plt. Wa. Dekan I       : H. Abdul Majid, SKM, M. Kes.

Plt. Wa. Dekan II      : Nur Ida, S.Pd.

Plt. Wa. Dekan III     : Syahrir Amin, Rpt, M. Pd.

Sedangkan Struktur Organisasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMPAR (Tahun 2005-2009) :

Dekan                      : Dr. Andi Nuddin, M. Si.

Wa. Dekan I             : Andi Hasna, SKM.

Wa. Dekan II            : Nur Ida, S.Pd.

                                  Amir Patintingan, S.Pd, M. Pd. (Plt. Tahun 2007-2009)

Wa. Dekan III           : Drs. Andi Maulana, M.Pd.

Sedangkan Struktur Organisasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMPAR (Tahun 2009-2014) :

Dekan                       : Dr. Andi Nuddin, M. Si.

Wa. Dekan I              : Haniarti, S.Si, Apt, M. Kes.

Wa. Dekan II             : Amir Patintingan, S.Pd, M. Pd.

Sedangkan Struktur Organisasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMPAR (Tahun 2014-2018) :

Dekan                       : Drs. H. Ramlan, M.Pd.

Wa. Dekan I              : Haniarti, S.Si, Apt, M. Kes.

Wa. Dekan II             : Amir Patintingan, S.Pd, M. Pd.

                                   Usman, SKM, M. Kes. (Plt. 2017-2019).

Sedangkan Struktur Organisasi Fakultas Ilmu Kesehatan UMPAR (Tahun 2018-2022) :

Dekan                       : Haniarti, S.Si, Apt, M. Kes.

Wa. Dekan I              : Usman, SKM, M. Kes

Wa. Dekan II             : Makhrajani Majid, SKM, M. Kes.

                                

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) berganti Nama menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan pada Tahun 2009 berdasarkan SK. Rektor UMPAR. Fakultas Ilmu Kesehatan yang membina Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan 4 (empat) Konsentrasi yaitu, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi, Gizi serta Kesehatan Lingkungan. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare saat ini telah Terakreditasi B Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor. 451/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 tertanggal 15 November 2014.

kerja nyata.

Visi

Fakultas Ilmu Kesehatan yang Unggul dalam bidang Ilmu Kesehatan berlandaskan nilai-nilai islami pada tahun 2028


Misi

  1. Menyelenggrakan pendidikan demi terciptanya sarjana profesional, berwawasan luas, kreatif, Innovatif dan berdaya saing tinggi.
  2. Menumbuh Kembangkan IPTEK melalui penelitian dibidang Kesehatan Masyarakat.
  3. Menumbuh Kembangkan pengabdian kepada Masyarakat demi Kemaslahatan Ummat.
  4. Mengembangkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam pengembangan ilmu kesehatan Masyarakat

Tujuan

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, berwawasan luas, kreatif, Innovatif dan berdaya saing tinggi dalam bidang Ilmu Kesehatan.
  2. Menghasilkan karya penelitian dalam bidang ilmu kesehatan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat melakukan upaya pembaharuan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menjiwai Pancasila dan UUD 1945, serta berwawasan Islam dan kemuhammadiyahan

Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Unggul dalam Bidang Kesehatan Masyarakat yang Berlandaskan Nilai Keislaman pada Tahun 2028


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang kesehatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian yang unggul dalam bidang kesehatan masyarakat dengan menerapkan ilmu kesehatan masyarakat secara professional untuk melaksanakan progam promotif dan preventif guna meningkatkan status kesehatan masyarakat.
  3. Meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam bidang kesehatan masyarakat yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan dan menerapkan kegiatan pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat berlandaskan nilai keislaman sebagai ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam pengembangan ilmu kesehatan masyarakat.

Tujuan


Kurikulum


Dosen

Dokumen Fakultas

No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #

Dokumen Program Studi

  • Ilmu Kesehatan
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #