Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare (FKIP UMPAR) merupakan salah satu fakultas yang keberadaannya menyertai sejarah pendirian Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). Diawali sebagai Filial Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Makassar secara resmi beroperasi pada tanggal 9 September 1963 dengan membuka Jurusan Pendidikan Umum (PU). Pada Tahun 1970, Jurusan Pendidikan Umum kemudian diganti menjadi Jurusan Pendidikan Sosial (Pensos), hingga pada Tahun 1974 mengalami perubahan dari Fakultas Filial menjadi FIP UNISMUH Cabang Parepare dengan status terdaftar SK. Kopertis Wilayah VII No. III Tahun 1974. Selanjutnya pada tahun 1978 berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Parepare dengan Status terdaftar No. 0353/O/1978, tanggal 30 November 1978 dan diperbaharui kembali dengan ketetapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 48/O/1981 tanggal 22 Januari 1981.

Berbagai langkah strategis terus dilakukan disepanjang kurun waktu tersebut, khususnya pada pemenuhan kebutuhan jurusan yang diminati, salah satunya ditunjukkan dengan penyesuaian penamaan Jurusan Pendidikan Sosial menjadi Jurusan Pendidikan Non Formal (PLS) dengan SK Mendikbud Nomor: 0392/O/1980.  Selanjutnya pada tahun 1986, beberapa jurusan ditetapkan beroperasi sesuai  SK Mendikbud No. 041/O/1990, yaitu:  Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Prodi Pendidikan Matematika).

Proses pembenahan terus dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, hingga tanggal 10 Mei 1999 berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 86/D/0/1999 STKIP Muhammadiyah Parepare mengalami perubahan bentuk menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). Memperhatikan ketetapan SK tersebut, maka beberapa program studi yang merupakan ruang lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan resmi dinyatakan terdaftar.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare (FKIP UMPAR) dalam perjalanannya terus berbenah diri dan melakukan berbagai upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Salah satu aspek pencapaian hingga ditahun 2012, FKIP UMPAR membuka satu program studi, yaitu program studi pendidikan biologi sesuai Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, nomor: 337/E/O/2012 tentang penyelenggaraan program studi pendidikan biologi pada Universitas Muhammadiyah Parepare.

Visi

Fakultas Ilmu Kesehatan yang Unggul dalam bidang Ilmu Kesehatan berlandaskan nilai-nilai islami pada tahun 2028


Misi

  1. Menyelenggrakan pendidikan demi terciptanya sarjana profesional, berwawasan luas, kreatif, Innovatif dan berdaya saing tinggi.
  2. Menumbuh Kembangkan IPTEK melalui penelitian dibidang Kesehatan Masyarakat.
  3. Menumbuh Kembangkan pengabdian kepada Masyarakat demi Kemaslahatan Ummat.
  4. Mengembangkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam pengembangan ilmu kesehatan Masyarakat

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang unggul dalam IPTEKS dan berwawasan Islam,
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah yang unggul dalam bidang pendidikan, pelatihan, dan pengajaran,
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, pelatihan, dan pengajaran,
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait untuk meningkatkan mutu lulusan,
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi yang Ungul dalam Menghasilkan Tenaga Pendidik yang Profesional dan Islami dalam Bidang Pembelajaran Bahasa Inggris


Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan terkini.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian mahasiswa dan dosen yang dipublikasikan melalui jurnal nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan layanan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.
  4. Menghasilkan lulusan yang berjiwa mandiri dan islami, unggul serta berdaya saing tinggi.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan terkini.
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian mahasiswa dan dosen yang dipublikasikan melalui jurnal nasional dan internasional.
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan layanan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.
  4. Terwujudnya lulusan yang berjiwa mandiri dan islami, unggul serta berdaya saing tinggi.

Kurikulum


Dosen

Visi

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Matematika yang dapat Menghasilkan Pendidik Matematika yang Islami, dan Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Seni


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan pendidik matematika yang profesional/unggul dalam bidang Pendidikan Matematika.
  2. Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian sehingga menghasilkan peneliti, dan penulis dalam bidang Pendidikan Matematika, serta memiliki jiwa edupreunership.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu proses pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat khususnya yang berkaitan matematika
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sehingga terbentuk kematangan professional dalam kepribadian sebagai pendidik matematika.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan pendidik matematika yang profesional/unggul dalam bidang Pendidikan Matematika.
  2. Terselenggaranya penelitian sehingga menghasilkan peneliti, dan penulis dalam bidang Pendidikan Matematika, serta memiliki jiwa edupreunership.
  3. Terselenggaranya kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu proses pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat khususnya yang berkaitan matematika.
  4. Terintegrasinya nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sehingga terbentuk kematangan professional dalam kepribadian sebagai pendidik matematika.

Kurikulum


Dosen

Visi

Mewujudkan prodi PNF yang profesional dan islami untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dalam IPTEKS yang berjiwa wirausaha untuk pengembangan masyarakat


Misi

  1. Mengembangkan wawasan keilmuan, teknologi, dan seni yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Islam ke dalam program pendidikan luar sekolah.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen dan mahasiswa yang dipublikasikan melalui jurnal nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan layanan pendidikan nonformal.
  4. Mengembangkan kemampuan wirausaha mahasiswa dengan memperbanyak studi lapangan pada sektor-sektor usaha.

Tujuan

  1. Terwujudnya wawasan keilmuan, teknologi, dan seni yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Islam ke dalam program pendidikan luar sekolah.
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dosen dan mahasiswa yang dipublikasikan melalui jurnal nasional dan internasional.
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan layanan pendidikan nonformal.
  4. Terwujudnya kemampuan wirausaha mahasiswa dengan memperbanyak studi lapangan pada sektor-sektor usaha.

Kurikulum


Dosen

Visi

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Biologi yang Menguasai IPTEKS Berbasis Pengelolaan Sumberdaya Alam Hayati Lokal dan Kewirausahaan Berlandaskan Nilai-Nilai Islam


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan biologi yang berdaya saing berbasis pengelolaan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan
  2. Melaksanakan penelitian di bidang biologi dan pembelajarannya yang berkualitas berbasis pengelolaan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan, serta mengintegrasikan nilai- nilai Islam dalam penyelenggaraan program studi.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan biologi yang berdaya saing berbasis pengelolaan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan.
  2. Terlaksananya penelitian di bidang biologi dan pembelajarannya yang berkualitas berbasis pengelolaan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam hayati lokal dan kewirausahaan.
  4. Terwujudnya kerjasama dengan stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan, serta mengintegrasikan nilai- nilai Islam dalam penyelenggaraan program studi.

Kurikulum


Dosen

Visi

Terwujudnya Guru Professional yang Unggul dalam Penguasaan IPTEKS Terintegrasi dengan Nilai-nilai Islami


Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan guru yang profesional yang berkompeten, berintegritas, serta berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menyelenggarakan tata kelola pengelolaan PPG dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang berkemajuan.

Tujuan

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan guru yang profesional yang berkompeten, berintegritas, serta berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Terselenggaranya tata kelola pengelolaan PPG dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam yang berkemajuan.

Kurikulum


Dosen

Dokumen Fakultas

No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
1. SK Pendirian Fakultas (Perubahan Bentuk STKIP menjadi Universitas) 00 SK Perubahan Bentuk STKIP menjadi Universitas (Termuat di dalamnya) Download
2. Dokumen Renstra dan Renop Fakultas 1.1 Pengesahan Renstra dan Renop Fakultas Download
3. Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong. 2.1 Organisasi Tata Kelola (OTK) Download
4. Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong. 2.1 Analisa Jabatan Download
5. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu (SPMI) 2.5 Dokumen SPMI (Kebijakan Mutu, Manual Mutu, dan Standar Mutu) Download
6. Dokumen Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Kebijakan, Kriteria, Prosedur, Instrumen, Sistem pengambilan keputusan) 3.1.1 Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Download
7. Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum 5.1 Pedoman Pengembangan Kurikulum Download
8. Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum 5.1 Pedoman Penyusunan Kurikulum Download
9. Hasil penelitian (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang 7.1.1 Hasil Penelitian (Daftar Judul) Download
10. Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang. 7.2.1 Hasil Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat (daftar judul) Download
11. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi luar negeri 7.3.2 MoU dengan Instansi Luar Negeri Download
12. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi dalam negeri 7.3.1 MoU dengan Instansi dalam Negeri Download
13. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.a Laporan Kinerja FKIP 2017/2018 Download
14. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.b Laporan Kinerja FKIP 2018/2019 Download
15. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.c Laporan Monev Pembelajaran Gazal 2017/2018 Download
16. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.d Laporan Monev Pembelajaran Genap 2017/2018 Download
17. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.f Laporan Monev Pembelajaran Genap 2018/2019 Download
18. Dokumen tentang Sistem Penjaminan Mutu 2.5.g Laporan Monev Pembelajaran Gazal 2019/2020 Download
19. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi 2.5 Standar Opersional Prosedur (SOP) Download
20. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi 2.5.h Laporan Pemahaman VMTS Fakultas Download
21. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi 2.5 Standar Opersional Prosedur (SOP) Download
22. Dokumen Gambaran Umum Fakultas 00 Profil Fakultas Download
23. Dokumen Akademik 3.1 Pedoman Magang 3 Download
24. Dokumen Akademik 3.2 Pedoman Magang1 Download
25. Dokumen Akademik 3.3 Pedoman Magang 2 Download
26. Dokumen Akademik 3.4 Pedoman PLP 1 dan PLP 2 Download
27. Dokumen Akademik 3.5 Kartu Kontrol Pembimbing PLP Download

Dokumen Program Studi

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Non Formal
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Profesi Guru
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
1. Salinan Keputusan Menristekdikti 00 Sertifikat Akreditasi Prodi Download
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
1. Salinan Keputusan Menristekdikti 00 SK Perubahan Numenklatur Prodi Download
2. Salinan Keputusan Menristekdikti 01 SK Akreditasi Prodi Download
3. Salinan Keputusan Menristekdikti 02 Sertifikat Akreditasi Prodi Download
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
No. Jenis Dokumen No. Butir Judul Dokumen #
1. Pengumuman Seleksi administrasi PPG DALJAB 2020 03 Pengumuman Seleksi administrasi PPG DALJAB 2020 Download
2. Pengumuman PPG DALJAB 2020 04 Pengumuman PPG DALJAB 2020 Download
3. Laporan kegiatan UP UKMPPG 2019 01 Laporan kegiatan UP UKMPPG 2019 Download
4. Pengumuman tahap 3 2019 02 Pengumuman tahap 3 2019 Download