SEJARAH

Terbentuknya Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Parepare dimulai sejak dilakukannyaperubahan Status Kelembagaan dari STKIP Muhammadiyah Parepare menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare, yang ditetapkan dengan : SK Menteri Pendiidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26/D/O/1999 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kependidikan Parepare di Parepare menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare di Parepare. Tahun 2017 merujuk pada perkembangan ilmu pengetahuan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas penguasaan ilmu dan keterampilan di bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, maka pihak Universitas Muhammadiyah Parepare memandang perlu melakukan perubahan dan penyesuaian nomenklatur Fakultas Ekonomi (FEKON) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Parepare. Perubahan ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare Nomor : 1867.a/KEP/II.3.AU/I/2017 tentang Perubahan Nomenklatur Fakultas Ekonomi (FEKON) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Parepare.

Pada Awal terbentuknya Fakultas Ekonomi pada Tahun 1999 menaungi 2 (Dua) Program Studi yakni Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ekonomi Pembangunan. Pada Tahun 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Parepare membuka satu Program Studi Baru yakni Program Studi Manajemen yang ditetapkan dengan: Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 126/M/Kp/III/2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum Program Studi Manajemen Program Sarjana pada Universitas Muhammadiyah Parepare di Parepare di Selenggarakan oleh Parsyarikatan Muhammadiyah di Yogyakarta. Sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan Program Studi, Universitas Muhammadiyah Parepare selain berpedoman pada aturan yang ditetapkan oleh Pimpinan Pusat juga tetap merujuk dan mengacu pada aturan perundang-undangan lainnya yang berkaitan dengan Pengelolaan Program Studi di tingkat Fakultas dan Program Pasca Sarjana

Visi

Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang Islami dan Unggul dalam Ipteks yang Mandiri di Sulawesi Selatan pada Tahun 2025
.


Misi

Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis :

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan paduan Islam dan Profesional  dalam bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  2. Secara aktif mengembangkan Ilmu Ekonomi dan Bisnis melalui kajian dan penelitian ilmiah yang berlandaskan kompetensi, penguasaan teknologi, dan etika profesi.
  3. Mengimplementasikan Ilmu Ekonomi dan Bisnis sebagai wujud pengabdian kepada dunia profesi dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerja sama yang bersinergi dengan institusi lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Mengembangkan dakwah Islamiah melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Tujuan

Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

  1. Terwujudnya pembelajaran berdasarkan paduan Islam dan Profesional dalam  bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  2. Terwujudnya kegiatan kajian dan penelitian ilmiah yang berlandaskan kompetensi, penguasaan teknologi, dan etika profesi.
  3. Terwujudnya wujud pengabdian kepada dunia profesi dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terwujudnya kerja sama yang bersinergi dengan institusi lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Terwujudnya kegiatan dakwah Islamiah melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai ciri khas Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Program Studi

No. Program Studi Akreditasi
1. Akuntansi B
2. Ekonomi Pembangunan B
3. Manajemen C