Sejarah

Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) didirikan pada tanggal 10 Mei 1999 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 86/D/O/1999 Tanggal 10 Mei 1999. dan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Nomor: 8 1/SK-PP/III-B/1.b/1999, tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Parepare menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR).

Pengembangan Universitas Muhammadiyah Parepare ke jenjang Strata dua (S2) dilandasi oleh hasil akreditasi Prodi Sosial Ekonomi Pertanian (SOSEK PERTANIAN), dengan SK BAN Nomor, 017/BAN-PT/Ak-IX/S1/X/2005. Hal inilah menjadi dasar mengusulkan Proposal Pembukaan Prodi Agribisnis Program Pascasarjana (PPs) UM Parepare, sebagai Prodi pertama.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Pimpinan Universitas pada saat itu  adalah membentuk Tim  Pembukaan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare (PPs) UM Parepare Prodi Agribisnis untuk segera menyususun proposal  dan mengajukan ke Dirjen Dikti.

Berdasarkan surat pertimbangan dari Direktur Akademik Ditjen Dikti Nomor: 2562/D2.2/2006 tanggal 26 Desember 2006, maka terbitlah izin penyelenggaraan Program Studi Agribisnis jenjang Program Magister pada Universitas Muhammadiyah Parepare dengan Nomor: 194/D/T/2007 tanggal 31 Januari 2007.

Selanjutnya personalia pengelola Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare berdasarkan Surat Keputusan Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Parepare Nomor: 001/SK.BPH-UMPAR/1.3/B/2007 tanggal 25 Dzulhijjah 1427 H/15 Januari 2007 M, tentang pengangkatan dan penetapan Pejabat Sementara (Pjs) Personalia Pengelola Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare sebagai berikut:

  1. Direktur     : Prof. Dr. H. Muhammad Siri Dangnga, M.S
  2. Asisten Direktur     : Drs. M. Nasir Maidin, MA.
  3. Ketua Prodi Agribisnis : Yunarti, S.P, M.Si

Setelah berjalan selama satu tahun, maka jabatan Direktur diusulkan ke Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk mendapatkan surat keputusan  Definitif. Berdasarkan SK PP Muhammadiyah Majelis Dikti Litbang Nomor: 098/KEP/I.3/D/2008 tanggal 15 Shafar 1429 H/21 Februari 2008 maka Direktur PPs-UMPAR telah definitif dan dilantik sebagai Direktur untuk Masa Jabatan 2008-2012.

Visi

Terwujudnya Program Pascasarjana yang Unggul, Berdaya Saing  dan Berlandaskan Nilai-Nilai ke-Islaman Tahun 2023.


Misi

  1. Mengembangkan dakwah dan pengkajian pengamalan
  2. Meningkatkan manajemen akademik, sumber daya manusia dan keuangan berbasis teknologi.
  3. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, publikasi ilmiah bertaraf nasional maupun internasional dan pertemuan ilmiah.
  5. Meningkatkan dan memperkuat jaringan kerjasama dalam pengembangan catur dharma perguruan tinggi.
  6. Meningkatkan kompetensi lulusan yang unggul dan berdaya saing, baik sebagai praktisi, maupun sebagai ilmuan.
  7. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
  8. Meningkatkan sistem pendidikan kewirausahaan dan menggalang kerjasama kemitraan yang sinergitas dengan pihak lain.

Tujuan

  1. Menyiapkan mahasiswa menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, serta berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan mahasiswa memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, memperkaya khasanah Iptek dan kesenian.
  3. Menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.
  4. Mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan pedagogik dan kompetensi profesional dalam pendidikan formal pada tingkat perguruan tinggi.
  5. Menghasilkan lulusan yang profesional, religius dan berdaya saing dalam bidang pendidikan.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu memiliki kompetensi dalam menyusun karya ilmiah di bidang pendidikan dan pengajaran serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat, serta mampu mempublikasikan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  7. Menghasilkan lulusan yang mampu memiliki kompetensi wirausahaan yang profesional.

Program Studi

Magister
No. Program Studi Akreditasi
1. Agribisnis B
2. Pendidikan Agama Islam B
3. Pendidikan Bahasa Inggris B

Doktor
No. Program Studi Akreditasi
1. Pendidikan Agama Islam -